Sharing is Caring | Simple Share™ Berbagi Informasi yang Positif | SEO, Tips, Tutorial, Resensi, Review, Cerita Kehidupan Simple Share™

Senin, 24 Oktober 2011

Kadar Lengas Tanah

Apa itu kadar lengas tanah ? Atau dengan kata lain apakah yang dimaksud dengan kelengasan tanah ??? Simak penjelasan berikut ini :
Kelengasan tanah adalah keadaan yang memerikan volume air (cairan) yang tertahan pada pori – pori sistem tanah sebagai akibat adanya saling tindak antar masa air dengan zarah tanah (adesi) dan sesama masa air (kohesi). Adanya berbagai cara saling tindak ini menjadikan didalam suatu sistem tanah ditemui aneka keadaan lengas tanah. Keadaan lengas tanah dapat diklasifikasikan berdasarkan wujudnya menjadi air higroskopis, air kapiler dan air kakas berat (Poerwowidodo, 1992).

Kadar lengas tanah adalah kekuatan tanah untuk mengikat air dalam pori-pori tanah dengan gaya ikat tanah akan menentukan gerakan atau aliran zat cair tersebut serta ketergantungan dari tumbuh-tumbuhan. Sebagian lengas bisa hilang sehingga yang tertinggal adalah yang berada pada sebagian lengas pori mikro dan sebagian selaput tipis di sekeliling zarah tanah pada air besar dan dapat bersaing dengan penarikan tumbuhan. Lengas kapiler merupakan lengas yang tersedia bagi tumbuhan merupakan lengas yang terikat diantara kapasitas lapang (0,1-0,2 atm) dan titik layu tetap pada 15 atm (Hastuti, 1982).
Lengas tanah adalah air yang terikat oleh berbagai gaya, misalnya gaya ikat matrik, osmosis dan kapiler. Gaya ikat matrik berasal dari tarikan antar partikel tanah dan meningkat sesuai dengan peningkatan permukaan jenis partikel tanah dan kerapatan muatan elektrostatik partikel tanah. Gaya osmosis dipengaruhi oleh zat terlarut dalam air maka meningkat dengan semakin pekatnya larutan, sedang gaya kapiler dibangkitkan oleh pori-pori tanah berkaitan dengan tegangan permukaan. Jumlah ketiga gaya tersebut disebut potensial lengas tanah atau tegangan lengas tanah, dan menjadi ukuran kemampuan tanah melawan gaya grafitasi (Anonim a, 2009).
Kapasitas menahan air maksimum yaitu jumlah air yang dikandung tanah dalam keadaan jenuh, semua pori terisi penuh air. Tegangan lengas tanah = 0 cm H2O, 0 bar atau pF 0. Kapasitas lapang yaitu jumlah air yang terkandung tanah setelah air grafitasi hilang. Tegangan lengas = 346 cm H2O ; 0,3 bar atau pF 2,5. Titik layu tetap yaitu tingkat kelengasan tanah yang menyebabkan tumbuhan mulai memperlihatkan gejala layu. Tegangan lengas tanah = 15,849 cm H2O ; 15 bar ; pF 4,17 (Anonim b, 2009).
Didalam tanah, lengas tanah dan butir tanah terdapat dalam satu gabungan dan dipengaruhi oleh gaya – gaya yang bekerja. Adanya gaya – gaya yang bekerja akan menyebabkan lengas tanah mempunyai tegangan. Untuk selanjutnya teganagan ini disebut sebagai potensi lengas tanah (Anshori, 2003).

Keyword :
Kadar Lengas Tanah, Tinjauan Pustaka Kadar Lengas Tanah, Tinjauan Pustaka Lengas Tanah, Kelengasan Tanah, Tipus Kadar Lengas Tanah, Tipus Kelengasan Tanah, Tinjauan Pustaka, Laporan Praktikum, Tinjauan Pustaka Ilmu Tanah,

Kadar Lengas Tanah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Pengagum Wanita

0 komentar:

Posting Komentar