Sharing is Caring | Simple Share™ Berbagi Informasi yang Positif | SEO, Tips, Tutorial, Resensi, Review, Cerita Kehidupan Simple Share™

Minggu, 23 Oktober 2011

Tekstur Tanah | Definisi | Jenis Tekstur Tanah | Tinjauan Pustaka

Berbicara mengenai tanah, tentunya akan membahas mengenai beraneka ragamnya jenis tanah. Jenis-jenis tanah tersebut akan sangat berbeda satu sama lain. Hal itu yang membedakan antara lain adalah teksur tanah. Nah, apa sih yang dimaksud dengan tekstur tanah itu ??? Simak penjelasan berikut :
Tekstur Tanah, Tekstur Tanah Lempung, Tinjauan Pustaka Tekstur Tanah, Pengaruh Tekstur Tanah terhadap Kesuburan Tanah, Ilmu Tanah, Kesuburan Tanah, Agroteknologi, Tipus Tekstur Tanah, Tekstur, Tanah.
Tekstur tanah adalah perbandingan relatif tiga golongan besar partikel tanah dalam suatu massa tanah terutama perbandingan antara fraksi lempung, debu dan pasir. Partikel tanah adalah butir tanah tunggal dan golongan partikel tanah diberi nama fraksi tanah (Foth, 1991).

Tekstur tanah menunjukkan kasar atau halusnya suatu tanah. Teristimewa tekstur merupkan perbandingan relatif pasir, debu dan liat atau kelompok partikel dengan ukuran lebih kecil atau kerikil. Pada beberapa tanah, kerikil dan bebatuan induk dari lapisan tanah yang ada mempengaruhi tekstur dan penggunaan tanah (Andani, 1988).
Tanah bertekstur pasir sangat mudah diolah, tanah jenis ini memiliki aerasi (ketersediaan rongga udara) dan drainase yang baik, namun memiliki luas permukaan kumulatif yang relatif kecil, sehingga kemampuan menyimpan air sangat rendah atau tanahnya lebih cepat kering (Hendra, 2008).
Tekstur tanah menunjukkan kasar atau halusnya suatu tanah. Istilah tekstur menyiratkan hal yang kualitatif dan kuantitatif. Secara kualitatif, tekstur menyatakan rasa dari bahan tanah, apakah kasar dan terasa berpasir atau halus dan lembut. Sedangkan dalam arti yang lebih kuantitatif, istilah tekstur tanah menyatakan distribusi ukuran partikel yang terdapat pada suatu tanah. Metode tradisional pencirian ukuran partikel tanah adalah membagi susunan ukuran partikel menjadi tiga kisaran bahan tunggal yaitu pasir, debu dan liat. Pemisahan tanah biasanya dikelompokkan menjadi partikel-partikel mineral dengan ukuran yang lebih kecil dari kerikil (diameter kurang dari 2 milimeter) (Anonim, 2008).
Tanah lapisan atas bertekstur lempung, dengan kandungan liat dan pasir cukup tinggi. Tanah – tanah semacam ini umumnya mempunyai sifat peralihan, tidak terlalu lekat dan keras, mempunyai kemampuan menahan air dan hara serta pergerakan (Manik, K. E. S., dkk, 1998).

Keyword:
Tekstur Tanah, Tekstur Tanah Lempung, Tinjauan Pustaka Tekstur Tanah, Pengaruh Tekstur Tanah terhadap Kesuburan Tanah, Ilmu Tanah, Kesuburan Tanah, Agroteknologi, Tipus Tekstur Tanah, Tekstur, Tanah.

Tekstur Tanah | Definisi | Jenis Tekstur Tanah | Tinjauan Pustaka Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Pengagum Wanita

0 komentar:

Posting Komentar