Sharing is Caring | Simple Share™ Berbagi Informasi yang Positif | SEO, Tips, Tutorial, Resensi, Review, Cerita Kehidupan Simple Share™

Minggu, 03 Juli 2011

Belajar HTML dari Nol

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Pada kesempatan yang berharga ini, saya akan sedikit membagikan sebuah tutorial singkat untuk memahami yang namanya bahasa ibu pemrograman, yakni HTML. Apa itu HTML? Dan mengapa kita perlu untuk mempelajarinya???
Definisi HTML
Berdasarkan sebuah sumber referensi dari dunia maya, HTML merupakan kependekan dari kata Hyper Text Markup Language. Sedangkan berdasarkan sebuah Wikipedia, HTML didefinisikan sebagai sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah Penjelajah web Internet dan formating hypertext sederhana yang ditulis kedalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi. Dengan kata lain, berkas yang dibuat dalam perangkat lunak pengolah kata dan disimpan kedalam format ASCII normal sehingga menjadi home page dengan perintah-perintah HTML. Bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan dan percetakan yang disebut dengan SGML (Standard Generalized Markup Language), HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C). HTML dibuat oleh kolaborasi Caillau TIM dengan Berners-lee robert ketika mereka bekerja di CERN pada tahun 1989 (CERN adalah lembaga penelitian fisika energi tinggi di Jenewa). 

Yuk Belajar HTML
Anda bisa belajar HTML secara langsung hanya dengan membaca tulisan yang berada di It's My Simple Blog ini yang insya Allah akan dibuat berseri. Tulisan ini bukan bermaksud untuk menggurui akan tetapi ini dibuat untuk sharing semata. Oleh karena itu, kritik dan saran tetap kami butuhkan dengan memberi komentar pada setiap postingan kami.
Secara struktural, sebuah HTML akan berisikan baris-baris kode berikut ini :
<html>
<body>

<h1>My First Heading</h1>

<p>My first paragraph.</p>

</body>
</html>
Coba Langsung belajar membuat sebuah file HTML langsung dari dunia internet dengan mengklik link berikut ini : Klik disini untuk belajar secara online bahasa HTML hanya di It's My Simple Blog.
Oke, marilah kita definisikan terlebih dahulu...
  1. HTML merupakan bahasa markup.
  2. Sehingga setiap baris kodenya menggunakan markup tags.
  3. HTML menggunakan markup tags untuk mendeskripsikan atau menerjemahkan kodenya.
Setiap TAG HTML selalu bercirikan sebagai berikut ini :
  • Tag pembuka HTML selalu berupa kode berikut <html>
  • Pada umumnya, tag HTML akan selalu berpasangan, semisal <b> dan diakhiri dengan </b>
  • Tag pertama (<b>) merupakan tag awal. Sedangkan tag kedua </b> merupakan tag penutup.

Demikian tadi tutorial mengenai "Belajar HTML" yang Insya Allah akan dibuat secara berseri. Sedangkan silabus dari materi online ini antara lain akan dibuat secara mendetail dan komprehensif. Oleh karena itu, bagi saudara-saudara sekalian yang ingin belajar HTML kunjungi saja web blog It's My Simple Blog yang merupakan pilihan tepat untuk menguasai HTML sebagaimana saya dahulu yang buta akan bahasa HTML, kini sedikit demi sedikit mulai memahami HTML.



Sumber Referensi : 
  1. Wikipedia, Hyper Text Markup Language, http://id.wikipedia.org/wiki/HyperText_markup_language.
  2. w3Schools, HTML Introduction, http://www.w3schools.com/html/html_intro.asp .

Belajar HTML dari Nol Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Pengagum Wanita

0 komentar:

Posting Komentar